04182014Headline:
Lapak Instan

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

Bisnis properti merupakan bisnis yang mulai dilirik oleh banyak orang, dahulunya hanya ditekuni oleh beberapa orang saja, banyak buku, seminar, workshop yang membahas bagaiamana cara memulai bisnis properti. Saya telah mempelajari beberapa ebook dan buku tentang cara memulai bisnis properti tanpa modal, ternyata caranya sederhana sekali, kali ini saya akan jelaskan secara ringkas.

Dalam memulai bisnis properti tanpa modal banyak peran yang bisa kita ambil diantaranya sebagai broker, sebagai pemilik properti itu sendiri atau sebagai developer properti.

Pada kesempatan ini saya akan jelaskan bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal sebagai developer. Caranya sebagai berikut :

1. Mencari lahan atau tanah
Bisa menggunakan tanah milik sendiri, tanah orang tua, milik saudara, milik teman atau milik orang lain, jika bukan milik sendiri kita perlu meyakinkan pemilik tanah, bagaimana meyakinkan pemilik tanah ? tentu dengan memperlihatkan bahwa kita tahu persis dan menguasai apa yang akan kita kerjakan dan kita menjelaskan bagaimana sistim kerjasamanya dan berapa potensi keuntungannya.

2. Membuat gambar dan Rancangan Anggara Biaya
Setelah dapat lahan maka tahapan selanjutnya adalah membuat gambar dan rancangan anggara biaya terlebih dahulu karena kita akan menjual rumah bermodalkan gambar dan rab saja, bagaimana dengan biaya gambar dan rab? ini bisa disiasati dengan bekerjasama dengan arsitek dengan perjanjian bagi hasil, persentase bagi hasil arsitek disesuaikan dengan estimasi biaya jasa arsitek dan biaya proyek keseluruhan.

3. Mencari Modal Untuk membangun Rumah
Jika kita sudah berhasil meyakinkan pemilik tanah tahapan selanjutnya adalah mencari modal untuk pembangunan rumah. Modal bisa kita dapatkan dengan cara mencari pembeli rumah yang akan kita bangun kemudian minta DP, jika dia beli rumah tersebut cash maka pembangunan rumah sudah bisa kita mulai, tentunya dilengkapi dengan surat perjanjian bagaimana pembayaran selanjutnyaa, jika dia beli menggunakan Bank / KPR setelah dapat DP kita juga langsung ajukan KPR Multiguna atas nama pembeli tersebut karena digunakan untuk pembangunan rumah, jangan dimulai dulu pembangunan sebelum jelas bahwa kreditnya disetujui untuk mengantisipasi jangan sampai pembangunan rumah terbengkalai. Modal pembangunan bisa juga kita dapatkan dengan cara mengajukan kredit konstruksi atas nama kita atau nama perusahaan kita.

4. Jika kita menggunakan kredit konstruksi untuk pembangunan maka sebelumnya kita perlu balik nama sertifikat atas nama kita, untuk meyakinkan pemilik tanah maka lengkapi dengan surat perjanjian. Hati-hati jika menggunakan teknik ini , perhitungkan pinjaman yang didapat cukup untuk membangun rumah sampai selesai atau pastikan ada dana untuk membayar angsuran perbulan selama properti belum selesai atau selama properti belum laku, pastikan di perjanjian dibunyikan bahwa sebelum rumah terjual maka ada persentase kita terhadap kepemilikan tanah dan rumah tersebut sesuai dengan persentase dana kita yang telah masuk kedalam pembangunan rumah.

5. Pada tahap ini kita tinggal promosi untuk mendapatkan pembeli.

[sumber:enterpreneuruniversity.net]

Catatan: Jika Anda ingin mendapatkan ebook & video tentang bisnis properti, silahkan mendaftarkan diri dengan mengisi FORM berikut ini:

[cb_registrasi]

#Setelah menekan tombol PESAN, anda akan menerima email validasi, pastikan alamat email Anda valid dan aktif. Segera periksa inbox (kotak masuk) e-mail Anda.

What Next?

Recent Articles

Leave a Reply

Submit Comment