12202014Headline:
Lapak Instan

Babel Lahirkan 300 Wirausaha Baru

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung bersama Yayasan Pengembangan Kewirausahaan serta beberapa perguruan tinggi setempat menelurkan sekitar 300 wirausahawan baru.

Budiman Ginting, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, mengemukakan program pengembangan kewirausahaan di daerahnya tidak hanya sekedar mencetak wirausaha baru yang dihasilkan dari sinergi dengan beberapa institusi.

“Kami juga telah mempersiapkan permodalan usaha jika mereka memerlukannya. Salah satu sumber pembiayaan misalnya berasal dari perusahaan lokal, yakni PT Timah,” ujarnya kepada Bisnis, Senin, 12 Maret 2012.

Menurut Budiman, program kewirausahaan yang dikembangkan di Provinsi Babel mengacu pada agenda Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang dikembangkan Kemenkop dan UKM sejak 2011.

Babel diam-diam ternyata lebih awal menjadikan kewirausahaan sebagai agenda kerjanya. Mulai 2012 hingga 2017, daerah ini hendak dijadikan sebagai kepulauan koperasi melalui program yang diusung, yakni kewirausahaan.

Kabupaten Bangka Tengah bahkan telah mendirikan Yayasan Pengembangan Kewirausahaan bersama perusahaan yang beroperasional di kawasan tersebut.

Yayasan Pengembangan Kewirausahaan tidak memungut biaya apapun bagi calon wirausahawan. Program kurikulumnya diciptakan hanya untuk jangka pendek, sekitar enam bulan. Operasional yayasan tersebut didukung oleh beberapa perusahaan dari Babel.

 

 

source: JPMI.or.id

What Next?

Recent Articles

Leave a Reply

Submit Comment