09302014Headline:
Lapak Instan

Laba Mengalir dari Bisnis Cuci dan Salon Mobil

Bisnis pencucian dan salon mobil kini makin hidup di tengah pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan. Itu pula yang mendorong Washy Washy Car Care menawarkan kemitraan. Paket investasinya mulai Rp 300 juta-Rp 800 juta. Omzet diperkirakan Rp 50 juta-Rp 130 juta per bulan.

Jumlah mobil yang terus meningkat membuat usaha pencucian dan salon mobil kian berkembang. Peluang itu juga yang ditangkap oleh Washy Washy Car Care Center yang bermarkas di Bintaro, Tangerang, Banten.

Berdiri 2006, Washy Washy resmi menawarkan kemitraan awal tahun 2012.Hafid Zen, Kepala Pemasaran Washy Car Care Center bilang, hingga saat ini, pihaknya sudah memiliki tiga gerai. Satu gerai milik sendiri dan dua lain yang berlokasi di Jakarta dan Lampung milik mitra. Ia mengklaim, tawaran kemitraannya diminati karena mampu memberikan pelayanan yang cepat dan nyaman.

Tarifnya pun relatif terjangkau. Misalnya, jasa pencucian mobil dibanderol mulai Rp 35.000 – Rp 50.000 per mobil. Sementara, jasa salon mobil dikenai mulai Rp 200.000 – Rp 1 juta per mobil.

Washy Washy juga memberikan garansi kepada pelanggan. Contohnya, jika setelah dicuci tiba-tiba hujan dan mobil kembali kotor, pelanggan bisa datang keesokan harinya untuk minta dicucikan lagi tanpa dikenakan biaya.

Khusus layanan salon mobil, Washy Washy akan mengerjakan sehari penuh demi hasil yang maksimal. Bila pelanggan meminta cepat, gerai Washy Wahsy memilih menolak memberikan pelayanan.

Dalam kerjasama kemitraan ini, Washy Washy menawarkan tiga paket investasi. Pertama, paket bronze dengan investasi Rp 300 juta. Paket ini hanya diperuntukkan bagi mitra yang akan membuka salon mobil di mal atau tempat-tempat keramaian.

Mitra akan mendapatkan semua peralatan salon, perizinan, standar operasional prosedur (SOP), serta pajak yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Estimasi omzet dalam sebulan Rp 50 juta.

Kedua, paket gold dengan investasi Rp 700 juta. Paket ini diperuntukkan bagi mitra yang akan membuka gerai cuci dan salon mobil. Mitra mendapatkan semua peralatan kebutuhan pencucian dan salon mobil. Di antaranya empat mesin hidraulis dan bahan material pencucian mobil selama tiga bulan. Omzet per bulan sekitar Rp 80 juta.

Terakhir, paket platinum senilai Rp 800 juta. Mitra akan mendapatkan enam mesin hidraulis, bahan baku selama tiga bulan, dan semua peralatan yang didapat di paket gold. Estimasi omzet per bulan sekitar Rp 130 juta.

Dari ketiga paket investasi ini, mitra akan mendapat profit 30% dari omzet. Dengan laba tersebut, mitra bisa balik modal selama dua setengah tahun sampai tiga tahun.

Konsultan wirausaha Khoerussalim Ikhsan menilai, prospek bisnis pencucian dan salon mobil masih menjanjikan. Apalagi, jumlah mobil pribadi terus meningkat. “Tentu jasa, salon dan cuci mobil akan laku,” ujar Khoerussalim.

Namun, sukses tidaknya bisnis ini ditentukan juga oleh faktor lokasi. Mitra usaha, menurutnya, harus memilih lokasi yang strategis. “Pilih yang banyak dilalui kendaraan,” ujarnya. Faktor lain yang harus diperhatikan adalah kualitas pelayanan.

Bila pelayanan memuaskan, konsumen pasti akan kembali lagi. Untuk mendongkrak omzet, ia menyarankan sebaiknya, gerai pencucian mobil juga menjual aksesori mobil atau membuka bengkel.

Ada baiknya juga bila dilengkapi dengan kafe, sehingga pelanggan bisa menunggu sambil makan atau minum. “Kalau bisa memberikan jasa one stop service, pasti, tempatnya akan semakin ramai,” imbuh Khoerussalim.

Washy Washy Car Care
Jl. Bintaro Utama Sektor 9 Blok HJ 1 No. 3 Bintaro,
Tangerang 15224
Hp 081287472228

What Next?

Recent Articles

Leave a Reply

Submit Comment