07312014Headline:
Lapak Instan

Strategi Pemasaran Kreatif, Buat Pelanggan Penasaran

Maraknya pertumbuhan bisnis di berbagai penjuru nusantara, tentunya tidak bisa dipisahkan dari tingkat persaingan pasar yang semakin hari semakin pesat. Kondisi ini tentunya menghadirkan tantangan baru bagi para pelaku bisnis di Indonesia, sehingga mereka dituntut untuk selalu aktif dan kreatif dalam menentukan strategi pemasaran produk yang akan mereka tawarkan kepada calon pelanggannya.

Melihat kondisi tersebut, yang perlu diperhatikan para pelaku usaha yaitu merencanakan strategi promosi dengan cukup matang. Bila strategi yang Anda gunakan tidak jauh berbeda dengan strategi promosi lainnya yang digunakan para pesaing Anda, maka tidak menutup kemungkinan bila kegiatan promosi tersebut tidak memberikan dampak penjualan yang cukup signifikan, namun hanya menimbulkan biaya tambahan untuk keperluan promosi sehingga resiko kerugian tidak bisa terhindarkan dari bisnis yang Anda jalankan.

Untuk menghindari kondisi yang kurang menyenangkan tersebut, berikut ini kami informasikan beberapa strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk memancing rasa penasaran para pelanggan.

Pertama, berikan keuntungan bagi para pelanggan Anda. Pada prinsipnya setiap konsumen akan merasa senang bisa mereka mendapatkan banyak keuntungan dari transaksi pembelian yang mereka lakukan. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan keuntungan lebih pada para pelanggan Anda agar mereka semakin loyal dengan bisnis yang Anda jalankan. Misalnya saja dengan memberikan penawaran khusus pada konsumen “beli dua dapat tiga” atau memberikan voucer belanja senilai Rp 50.000,00 yang bisa digunakan untuk pembelanjaan selanjutnya bagi para pelanggan yang telah melakukan transaksi pembelian lebih dari Rp 100.000,00 di perusahaan Anda.

Kedua, berikan bonus gratisan untuk menarik minat pelanggan. Selain memberikan tambahan keuntungan, Anda juga bisa memberikan bonus gratisan bagi para pelanggan yang melakukan transaksi pembelian dengan nominal tertentu. Contohnya saja seperti strategi promosi yang dilakukan para pelaku bisnis bengkel motor yang dengan sengaja memberikan layanan cuci motor gratis bagi para pelanggannya yang melakukan servis rutin dan ganti oli di bengkel tersebut.

Ketiga, tawarkan hadiah menarik untuk menjaring banyak pelanggan. Tak bisa dipungkiri lagi bila pemberian iming-iming hadiah memang menjadi salah satu strategi pemasaran yang diminati banyak pelanggan. Bahkan sekarang ini para konsumen tidak segan-segan untuk memborong sebuah produk, karena mereka tertarik dengan hadiah yang ditawarkan para produsen. Sebagai contoh sederhana, Anda bisa menawarkan hadiah payung atau jam dinding cantik bagi para konsumen yang membeli produk-produk tertentu.

Keempat, manfaatkan infonet sebagai media pemasaran. Memasuki era serba digital seperti sekarang ini, para pelaku usaha pun dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi pemasaran. Jika dulunya para pelaku usaha sangat mengandalkan metode pemasaran offline dalam melakukan transaksi jual beli, kini seiring dengan menjamurnya media informasi dan internet maka jarak dan waktu dapat ditembus dengan mudah. Misalnya saja dengan membuka toko online, memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mempromosikan bisnis Anda, serta masih banyak lagi strategi pemasaran online lainnya yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah dan murah.

Kelima, sebarkan informasi melalui pemasaran word of mouth. Memanfaatkan bantuan konsumen dalam memasarkan sebuah produk memang menjadi pilihan tepat dalam hal pemasaran. Untuk itu, sebisa mungkin ciptakan produk yang unik dan strategi pemasaran yang menarik untuk memancing rasa penasaran para konsumen. Strategi inilah yang mengantarkan kesuksesan kripik setan Maichi, es krim Magnum, dan lain sebagainya.

Semoga informasi strategi pemasaran kreatif buat pelanggan penasaran ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi baru bagi para pelaku pasar untuk meningkatkan penjualan produknya.

 

source: bisnisukm.com

What Next?

Recent Articles

Leave a Reply

Submit Comment